CARA SETTING KEYBOARD ARAB DI XP

Diposting oleh Unknown Jumat, 11 Desember 2009

Pendahuluan

Sebelum menyeting keyboard arabic di komputer terlebih dahulu para pembaca harus memahami yang berikut ini.

Software disebut juga program komputer adalah sebuah program yang dimasukkan (installkan) ke dalam komputer agar komputer dapat digunakan.

Jadi agar komputer dapat hidup harus dimasukkan (di installkan) ke dalamnya program komputer (software). Program komputer itu ada dua jenis, dua jenis itu harus dimasukkan semuanya agar fungsi komputer dapat maksimal.Dua program, yaitu :

1.Program yang disebut sistem operasi atau sering juga disebut program os, berfungsi (diantaranya) agar komputer dapat hidup dan dapat memanagemen data yang ada di komputer.

Pertama kali ketika komputer dinyalakan yang bekerja adalah program sistem operasi.

Contoh sistem operasi diantaranya :

· Windows keluaran dari microsoft versi-versinya adalah ; win 31, win 98, win 200/me windows xp dan yang terakhir adalah windows vista.

· Linux dipasarkan secara bebas, versinya : madriva, ubuntu dll

2. Program aplikasi yaitu program yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tertentu. Ada ribuan program aplikasi sekarang ini. Yang paling populer adalah microsoft office yang di dalamnya ada program microsoft word dan microsoft excel.

Untuk menulis huruf arab dalam pembahasan kali ini, komputer kita harus menggunakan sistem operasi windows xp dan microsof word versi 2000, 2003 maupun 2007. Semuanya dapat di gunakan. Hanya dalam contoh seting di bawah di gunakan word 2003 / 2000

Maka sebelum memulai langkah-langkah di bawah anda harus menyediakan cd program window xp yang telah diinstallkan ke komputer anda.

Langkah-langkah menyeting.

1. Dalam keadaan komputer baru selesai booting, setelah siap digunakan klik start à control panel regional and language maka akan tampil gambar berikut :




































2. Aktifkan panel languages yang terdapat pada window regional and languange option dengan mengklik tombol , Language maka akan tampil jendela berikut :















3. Untuk mengecek kesuksesan anda, klik Detail akan muncul dialog box berikut















Klik add untuk memasukkan keyboard arab akan muncul gambar berikut :
















Akan Muncul Dialog Berikut













Klik arabic saudi klik ok.
Setelah itu dilanjutkan setting keyboard pada ms word dengan langkah sebagai berikut :


1. Buka ms word

2. Klik tool --> klik customize -->klik panel commands -->klik format dan cari icon keyboard language dengan menggeser scrolbar di sebelah kanan, (perhatikan gambar !)














3. kemudian seret /klik jangan dilepas icon tersebut EN geser ke barisan format toolbar , lihat gambar berikut















4.Untuk merubah ke arabic klik tanda panah sisebelah kanan icon EN maka akan muncul menu arab / english klik arabic untuk menulis arab atau tekan ALT SHIFT untuk mengubah menu language dengan cepat.


nii tahap selanjut nya


Sampai di sini berarti keyboard arabic sudah siap digunakan, Anda bisa mengaktifkan language bar di toolbar kanan bawah agar Anda bisa berpindah-pindah dari keyboard latin ke Arabic dan sebaliknya.

Pilihlah AR untuk berpindah ke font arab, dan kalau mau mencampur font arab dan latin, tinggal klik saja language bar tersebut.

Dalam menggunakan font arab, yang sering dikeluhkan oleh pengguna adalah keyboardnya tidak arab. Karena bukan keyboard arab dan belum hafal dengan letak tombol huruf arab, jadi menulisnya lebih susah lagi. Untuk permasalahan tersebut, solusinya adalah menggunakan Online Screen Keyboard, dimana disitu akan ditunjukkan letak masing-masing huruf dengan hanya mengubah language bar saja.

Untuk mengakses Online Screen Keyboard, ada 2 cara

START / RUN ketik osk

START / ALL PROGRAMS/ACCESSORIES / ACCESSIBILITY / ON SCREEN KEYBOARD

Bentuk tampilannya seperti ini









Tapi bila saya mengubah keyboard layout saya ke arabic, tombolnya akan segera mengikuti layout tersebut









Untuk menggunakannya di Word atau program aplikasi lain, buka dulu program aplikasi tersebut, buka On Screen Keyboard, klik program aplikasi untuk mengaktifkan, lalu set language bar ke Arabic. OSK akan langsung berubah ke Arabic.