BUG BULAN INI - PC Multimedia Hang Saat Boot

Diposting oleh Unknown Jumat, 06 November 2009

MASALAH: Seorang pembaca kecewa de­­ngan proyektor barunya karena saat di­hubungkan dengan PC Windows Me­­dia Center Acer Aspire IDEA 500 (via HDMI) justru membuat IDEA 500 ti­dak mau mem-boot. Pada TV, melalui konektor SCART, ia berfungsi tanpa masalah.
DIAGNOSIS: Sebagai diagnosis awal, CHIP menghubungkan PC tersebut de­ngan TV LCD. Saat start, PC kembali hang. De­ngan demikian, proyektor bukanlah biang keladinya. Kecurigaan pun beralih ke PC IDEA 500. Apabila koneksi HDMI dilakukan saat PC sedang bekerja, tidak ada masalah. Port HDMI juga kemungkinan bukan penyebabnya. Update firmware dan driver Acer juga tidak membawa hasil. Google pun menjadi tempat bertanya untuk membantu masalah tersebut. Akhirnya, titik cerah pun mulai ditemukan setelah CHIP menggunakan keyword yang tepat di Google untuk menemukan solusinya. Hasilnya, dapat diketahui bahwa dengan beberapa setting pada BIOS Acer Aspire IDEA 500 gangguan booting yang selalu muncul dapat diatasi.

SOLUSI: CHIP pun mengikuti pandu­an dan mengubah setting BIOS-nya. Layar boot putih dinonaktifkan de­ngan memilih opsi "Disabled" untuk entri "Silent Boot" pada bagian "Advanced BIOS Features". Entri "Small Logo" dan "Configure Table" diubah menjadi "Enabled". Setelah disimpan, PC pun di-restart dengan sebuah perangkat display HDMI. Semua berfungsi tanpa ma­salah. PC mem-boot, resolusi TV LCD dikenali dan ditampilkan dengan benar.


Masalah HDMI PC Acer Aspire IDEA 500 membutuhkan setting BIOS khusus agar dapat di-boot pada perangkat HDMI.